Sekolah Dai Jakarta, Bogor dan Sultanbatara Buka Pendaftaran Tahun 2020 - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Rabu, 10 Juni 2020

Sekolah Dai Jakarta, Bogor dan Sultanbatara Buka Pendaftaran Tahun 2020

JAKARTA - Sekolah Dai yang berada di bawah pengelolaan lembaga Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) kembali membuka pendaftaran peserta d...
JAKARTA - Sekolah Dai yang berada di bawah pengelolaan lembaga Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) kembali membuka pendaftaran peserta didik baru untuk tahun akademik 2020. Adpaun Sekolah Dai yang membuka pendaftaran adalah Sekolah Dai Jakarta, Sekolah Dai Bogor dan Sekolah Dai Kolektif Sultanbatara (Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sultanbatara).

Kepala Program Sekolah Dai Ciomas Bogor, Ust Saefuddin Abdullah, Lc, mengatakan, Sekolah Dai menyelenggarakan pendidikan 1 tahun dengan full beasiswa bagi peserta didik yang dinyatakan lulus seleksi.

Selain full beasiswa, Sekolah Dai juga memiliki 3 program takhassus yaitu Takhasus Al-Qur'an, Takhasus Bahasa Arab dan Takhasus Pengkaderan Dai.

Sekolah Dai membidik pemuda yang siap dididik dan dibina untuk menjadi kader muallim dan setelah menyelesaikan pendidikannya siap menjadi dai mengabdi di masyarakat.

Sekolah Dai Jakarta membatasi kuota penerimaan dengan hanya menerima 20 mahasantri dan Sekolah Dai Ciomas Bogor 50 batas maksimal peserta.

Diharapkan dari penempaan di Sekolah Dai diharapkan menghasilkan output lulusan yang hafidz Qur'an Min 5 Juz standar sanad, hafal dan menguasai Matan Al-Jazariyah, mmampu menjadi muallim Qur'an Grand MBA terstandar.

Selain itu, output Sekolah Dai juga diharapkan mengampu penguasaan Bahasa Arab lisan dan tulisan, memiliki skill dai dan wawasan ilmu Syar'i yang mendalam serta hafal Hadist Arbain An-Nawawi.

Adapun sejumlah keunggulan Sekolah Dai diantaranya adanya asrama (boarding school), full beasiswa sehingga peserta didik dapat lebih fokus dalam mengambangkan kapasitas dan kapabilitasnya sebagai calon dai.

Peserta didik juga dibimbing oleh pengajar atau dosen/dosen tamu lulusan Universitas Luar dan dalam negeri seperti LIPIA Jakarta, Universitas Islam Madinah, UIN Jakarta dan sebagainya.

Selain itu, peserta akan mendapatkan ijazah Ijazah Pendidikan Dai, Ijazah Muallim Qur'an Grand MBA, dan Ijazah Tahfidz. Alhamdulillah, alumni Sekolah Dai telah tersebar dan berkiprah di seluruh Nusantara.

Berikut ini beberapa syarat pendaftaran Sekolah Dai yaitu: Lulusan SMA/Sederajat atau setidak-tidaknya telah berusia 18 tahun, bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, siap mondok sampai selesai, mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan syarat administrasi, menandatangani lembar komitmen mahasantri dan mendapatkan rekomendasi dari ustadz/ Pesantren Hidayatullah terdekat dari kota asal.

Adapun administrasi atau atau berkas pendaftaran yang perlu disiapkan adalah mengisi formulir dan biaya pendaftaran Rp.300.000 (biaya tersebut sudah termasuk kitab pelajaran), menyerah foto copy ijazah SMA/Sederajat 3 Lembar, menyerahkan foto copy KK dan KTP yang masih berlaku, menyerahkan Foto 2x3 & 3x4 masing masing 3 l lembar dan menyerahkan Surat Rekomendasi dari DPW/ DPD Hidayatullah atau Lembaga lain (jika sebagai pendaftar utusan).

Sementara jadwal pendaftaran Sekolah Dai Jakarta dan Sekolah Dai Bogor dibagi menjadi 2 gelombang yaitu Gelombang Pertama 15 Maret-30 April 2020 dan Gelombang Kedua tangga 1 Mei hingga 30 Juni 2020.

Link formulir pendaftaran Sekolah Dai Jakarta dan Sekolah Dai Bogor dapat diisi dengan mengunjungi tautan berikut https://forms.gle/iaLs1Gg5SHnLn63Y8

Sementara masa pendaftaran Sekolah Dai Kolektif Sultanbatara adalah mulau dari tanggal 1 hingga 30 Juni 2020. Daftar di Sekolah Dai Sultanbatara dengan mengisi lembar formulir pada link berikut https://forms.gle/iaLs1Gg5SHnLn63Y8 . Pendaftaran akan ditutup jika kuota sudah full.

Untuk Sekolah Dai Jakarta dan Sekolah Dai Bogor, kedatangan peserta ke lokasi paling lambat 5 Juli 2020, setelah itu mengikuti masa orientasi selama sepekan mulai tanggal 6 hingga 12 Juli 2020 dan studium generale atau kuliah perdana dimulai 13 Juli 2020.

Informasi lebih lanjut, hubungi kontak person Kepala Sekolah Dai Bogor Ust. Saepudin Abdullah Lc 0812-8348-2527 dan Kepala Sekolah Dai Jakarta Ust Shiddiq Junihardin Lc0822-6097-4202. Kontak person Sekolah Dai Sultanbatara Habibi Nur Salam  0821-8805-9972/ 0812-4215-2525

Alamat Kantor Sekolah Dai Hidayatullah Bogor, Jln Pasir Peundeuy, RT/04 RW/019 Desa Sukaharja, Kec. Ciomas, Kab. Bogor, Jawa Barat. Alamat Sekolah Dai Hidayatullah Jakarta, Komplek Pusat Dakwah Hidayatullah Jl. Cipinang Cempedak 1 No 14 Polonia Jatinegara Jakarta Timur.

Sekolah Dai Hidayatullah Sultanbatara, Jalan Sakinah No.8, Pesantren Hidayatullah Parepare, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri