Posdai Gelar Pelatihan Dai Guru Ngaji se-Provinsi Nusa Tenggara Timur - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Jumat, 01 September 2023

Posdai Gelar Pelatihan Dai Guru Ngaji se-Provinsi Nusa Tenggara Timur

KUPANG - Dalam rangka menguatkan kiprah Dai Mengabdi di bumi Nusa Tenggara Timur, Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) mengadakan acara Pelat...


KUPANG - Dalam rangka menguatkan kiprah Dai Mengabdi di bumi Nusa Tenggara Timur, Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) mengadakan acara Pelatihan Dai dan Guru Mengaji Metode Grand MBA se-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Acara yang berlangsung di Kampus Madya Pondok Pesantren Hidayatullah Kupang Batakte, Kec. Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur ini, digelar selama 3 hari, 25-27 Agustus 2023.

Dalam pelatihan ini hadir tiga orang insruktur dari Posdai Pusat, yaitu: Ustadz Shohibul Anwar, MHI, Ustadz Agung Trana Jaya, M.Si, dan Ustadz Muhdi Muhammad.

Tidak saja melatihkan berbagai kiat dakwah dan seluk beluknya, pada helatan tersebut juga dipaparkan metode GRAND MBA (Gerakan Nasional Dakwah Membaca dan Belajar Al Qur'an) untuk mudah dan cepat belajar Al Quran. 

Koordinator Grand MBA Pusat yang juga instruktur nasional, Ust Muhdi Muhammad, menyampaikan tujuan pelatihan guru ngaji secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru ngaji dalam mengajarkan Al-Qur'an. 

Hal ini kata dia penting untuk dilakukan karena guru ngaji memiliki peran penting dalam mencetak generasi muslim yang cerdas dan berakhlak mulia.

Secara khusus, kata Muhdi, tujuan pelatihan guru ngaji dapat dibagi menjadi beberapa poin yaitu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru ngaji tentang Al-Qur'an, baik dari segi tajwid, makhraj, tafsir, maupun asbabun nuzul.


Selajutnya meningkatkan keterampilan guru ngaji dalam mengajarkan Al-Qur'an, baik secara teori maupun praktik, meningkatkan motivasi dan semangat guru ngaji dalam mengajar, dan meningkatkan profesionalisme guru ngaji.

Lebih jauh Muhdi menjelaskan pelatihan dai dan guru ngaji merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan Al-Qur'an di Indonesia. 

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan guru ngaji dapat menjadi lebih kompeten dan profesional dalam mengajarkan Al-Qur'an, sehingga dapat mencetak generasi muslim yang cerdas dan berakhlak mulia.

Kegiatan yang berlangsung lancar dan penuh khidmat ini turut didukung Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Hidayatullah (Laznas BMH) sebagai mitra Posdai dalam pembinaan dan pengembangan kapasitas dai di nusantara. (ybh/pos)

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri