Posdai Dukung Perluasan Layanan Majelis Quran di Maluku Utara - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Selasa, 24 Oktober 2023

Posdai Dukung Perluasan Layanan Majelis Quran di Maluku Utara

HALMAHERA TIMUR -  Salah satu program Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) yang terus dikuatkan hingga kini adalah Majelis Qur'an (MQ) ya...


HALMAHERA TIMUR -  Salah satu program Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) yang terus dikuatkan hingga kini adalah Majelis Qur'an (MQ) yang merupakan simbiosis dari Rumah Quran (RQ) Hidayatullah.

Seperti diketahui, Hidayatullah menggulirkan layanan kemasyarakatan yaitu program dakwah melalui Rumah Quran (RQ) untuk usia pra sekolah, SD, SMA, dan Majelis Quran untuk usia dewasa. 

Wujud dari gerakan ini adalah lahirnya majelis Qur’an di setiap lapisan dan pelosok masyarakat dimana mereka dapat belajar kepada muallim (pengajar) tentang hal-hal yang berkaitan dengan al-Qur’an. 

Dari upaya ini diharapkan terbentuk komunitas-komunitas masyarakat yang bersedia untuk hidup terbimbing dan terpimpin di bawah naungan al-Qur’an.

Hal itulah pula yang mendorong dikuatkannya program ini di berbagai titik daerah di Tanah Air, salah satunya di Maluku Utara. 

Penguatan ini salah satunya ditandai dengan diluncurkannya Rumah Qur'an di Halmahera Timur oleh Walikota Tidore Kepulauan (Tikep) Capt. H. Ali Ibrahim, M.H didampingi ketua PKK Tidore Kepulauan Hj. Safia Ali Ibrahim di Desa Cemara Jaya, Wasile Kab. Halmahera Timur, Maluku Utara, Ahad (22/10/2023).

Peluncuran majelis itu juga turut disaksikan bersama unsur petinggi desa, babinsa dan kapolsek cemara jaya, serta pimpinan dan pengurus Pondok Bina Salam Hidayatullah, tokoh masyarakat, dan tamu undangan.

Walikota pada sambutannya dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya tabligh akbar dalam rangka peluncuran rumah Qur'an di Haltim dan mendukung peran pondok pesantren Bina Salam Hidayatullah dalam membangun kawasan itu. 

"Kegiatan yang sangat bermanfaat ini menunjukkan besarnya keinginan masyarakat Wasile menyambut kehadiran Rumah Qur'an sebagai bentuk program pelayanan dalam pembelajaran Al-Qur'an di Halmahera Timur pada umumnya dan terkhusus di kecamatan Wasile. 

Walikota berharap, program ini semakin memajukan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat dalam rangka membangun kawasan ini secara konfrehensif berbasis pada semangat keagamaan serta bernafaskan persatuan dan kerukunan.

"Semoga apa yang kita usahakan hari ini akan menjadi penolong kita semua di akhirat kelak,” kata Walikota menandaskan. (afr/pos)

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri