Posdai Gelar TOT Grand MBA Nasional Kuatkan Integrasi Sistemik dalam Gerakan Dakwah - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Selasa, 25 Juni 2024

Posdai Gelar TOT Grand MBA Nasional Kuatkan Integrasi Sistemik dalam Gerakan Dakwah

Departemen Komunikasi & Penyiaran Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah melalui Posdai bersama Gerakan Nasional Dakwah Membaca dan Belajar A...

Departemen Komunikasi & Penyiaran Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah melalui Posdai bersama Gerakan Nasional Dakwah Membaca dan Belajar Al Qur'an (Grand MBA) menggelar kegiatan Training of Trainers (TOT) Daurah Muallim Grand MBA Nasional yang dibuka pada Selasa (25/6/2924).

TOT Daurah Muallim Grand MBA Nasional yang berlangsung secara offline di Jakarta ini merupakan helatan lanjutan dari dua rangkaian kegiatan yaitu sesi materi online yang digelar selama 2 hari pada Rabu-Kamis, 12-13 Juni 2024. 

Dan sesi materi berikutnya digelar secara offline yang diagendakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 25-27 Juni 2024 bertempat di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Jalan Cipinang Cempedak, Otista, Polonia, Jatinegar, Jakarta.

Organizing Committee TOT Daurah Muallim Nasional 2024, Ust. Muhdi Muhammad S.Sos.I, mengatakan TOT Daurah Muallim Grand MBA Nasional 2024 ini mengusung tema "Mewujudkan Standardisasi, Sentralisasi, dan Integrasi Sistemik dalam Gerakan Dakwah Nasional". 

Dia pun menjelaskan berkaitan dengan tema tersebut yaitu pentingnya standardisasi, sentralisasi, dan integrasi sistemik pada penyelenggaraan program Gerakan Nasional Dakwah Membaca dan Belajar Al Qur'an (Grand MBA) dalam kancah gerakan dakwah nasional. 

Acara yang digelar dalam dua tahap ini, jelas Muhdi, untuk membekali para peserta dengan ilmu dan pengalaman yang optimal. Para peserta kemudian akan memperdalam ilmu mereka pada sesi offline yang diselenggarakan selama 3 hari ini.

"Di sesi ini, peserta akan terlibat langsung dalam praktik mengajar Al-Qur'an dengan bimbingan para instruktur yang berpengalaman," kata Muhdi.

Muhdi menjelaskan TOT Daurah Muallim Nasional 2024 tak hanya sekedar membekali peserta dengan kemampuan mengajar Al-Qur'an. Pelatihan ini juga bertujuan untuk menciptakan standarisasi, sentralisasi, dan integrasi yang sistemik dalam gerakan dakwah nasional.

Dengan adanya standarisasi, jelas dia, materi dan metode pengajaran Al-Qur'an yang diberikan kepada masyarakat akan terpadu dan berkualitas. Sementara itu, sentralisasi memastikan adanya koordinasi yang efektif antar lembaga yang terlibat dalam gerakan Grand MBA.

"Integrasi sistemik, di sisi lain, berperan penting dalam menciptakan alur program yang efisien dan berkesinambungan.  Kombinasi dari ketiga elemen ini, diharapkan mampu melahirkan penyelenggaraan metode Grand MBA yang semakin kuat dan optimal," imbuhnya menjelaskan.

Salah seorang peserta, Rusdiansyah dari Bulungan, Kalimantan Utara, mengaku bersyukur dapat menjadi bagian peserta dari kegiatan ini. 

"Alhamdulillah, untuk menambah pengetahuan dan pengalaman juga, karena ini penting sekali untuk mengajarkan Al Qur'an di masyarakat," kata alumni Pendidikan Ulama dan Zuama (PUZ) STIS Hidayatullah Balikpapan ini. 

Menurut jadwal, sebagian peserta dari TOT Daurah Muallim Grand MBA Nasional ini juga akan melengkapi kepesertannya dengan mengikuti pelatihan sanad Al Qur'an yang digelar Badan Koordinasi Pengembangan Tilawah al-Qur’an (BKPTQ) Hidayatullah pada 28-29 Juni 2024. (ybh/pos)

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri