Program Dakwah Posdai Tingkatkan Pemahaman Umat Terhadap Ibadah Umrah - Persaudaraan Dai Indonesia | Bersama Dai Membangun Negeri | Posdai.or.id

Senin, 15 Juli 2024

Program Dakwah Posdai Tingkatkan Pemahaman Umat Terhadap Ibadah Umrah

DENPASAR - Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) Bali telah menyelenggarakan program Bimbingan Manasik Umrah pada hari Ahad, 14 Juli 2024. Aca...


DENPASAR - Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) Bali telah menyelenggarakan program Bimbingan Manasik Umrah pada hari Ahad, 14 Juli 2024. Acara ini menghadirkan instruktur sekaligus dai dari Posdai Bali, Ustadz Didik Khairuddin Zuhri, S.Pd.I., dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kemandirian peserta dalam melaksanakan ibadah umrah.

Bimbingan ini dinilai penting diadakan sebagai respons terhadap kebutuhan umat Islam yang ingin menunaikan ibadah umrah, namun sering kali kurang memahami alur pelaksanaannya. 

Ketua Posdai Bali, Ust. Mochamad Sakhnan, menjelaskan, bahwa kekurangtahuan dalam perihal ibadah umrah ini dapat menyebabkan terjadinya kesalahan dalam melaksanakan ibadah umrah yang berpotensi membuat ibadah tersebut batal atau tidak sah.

"Penting bagi umat Islam untuk memahami seluk-beluk ibadah umrah, agar tidak sekadar berangkat ke Makkah tanpa pengetahuan yang memadai," ujar Mochamad Sakhnan.

Sementara itu, Ustadz Didik Khairuddin Zuhri, S.Pd.I., dalam bimbingannya menekankan pentingnya ilmu dalam melaksanakan ibadah umrah. Dengan pemahaman yang baik, kata dia, diharapkan dapat menjalankan ibadah dengan benar dan khusyuk. 

Bimbingan ini mencakup penjelasan mendetail mengenai tahapan-tahapan umrah, mulai dari persiapan sebelum berangkat, pelaksanaan rukun dan wajib umrah, hingga adab dan doa-doa yang dianjurkan.

Program ini mendapat sambutan yang sangat positif dari para peserta. Mereka merasa lebih siap dan percaya diri untuk menunaikan ibadah umrah setelah mengikuti bimbingan ini. 

"Saya merasa lebih memahami tata cara umrah dan lebih yakin dalam melaksanakannya," ungkap salah satu peserta bimbingan.

Posdai Bali pun terus berkomitmen untuk mendukung umat Islam dalam menunaikan ibadah dengan baik dan benar. Program bimbingan manasik umrah ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen tersebut. 

"Selain bimbingan umrah, Posdai Bali juga menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan lainnya untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam di kalangan masyarakat," imbuh Sakhnan.

Dengan adanya program seperti ini, kata Sakhnan, diharapkan umat Islam semakin memahami pentingnya ilmu dalam melaksanakan ibadah dan dapat menjalankan ibadah umrah dengan lebih baik. 

Selain itu, Sakhnan juga merasa terharu dengan antusiasme yang ditunjukkan peserta dalam acara ini. Karena itu, dia menilai bimbingan manasik umrah oleh Posdai Bali ini tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membangun semangat keagamaan yang kuat di kalangan peserta. (pos/ksl)

Mitra

Sinergi adalah energi kita, terus berpadu dalam langkah nyata

  • Bersama Dai Bangun Negeri
  • Save Indonesia with Quran, ajak masyarakat hidupkan al-Quran
  • Menjadi dai perekat ukhuwah islamiyah dan ukhuwan insaniyah
  • Keswadayaan bersama mengemban amanah dakwah majukan negeri